Jumat, 10 April 2015

Suka Duka Anak Kost



Yang namanya anak kost dan tinggal rame-rame tuh ya, ya ada aja kelakuan yang bikin kita jengkel. Dari temen sekamar sampe tetangga kamar. Mau marah ya tapi gak bisa, abis mau gimana lagi, kita tiap hari tinggal sama mereka. Yang paling sering banget bikin jengkel tuh ya, pas kita malem-malem mau tidur isi bak mandi sampe rela begadang biar penuh dengan harapan besok pas kita mandi airnya banyak jadi  gak usah rebut-rebutan air lagi. Tapi kenyataannya adalah, yang mandi banyak rebutan dan gue akhirnya ngalah karena keduluanan mulu. Nah pas mau mandi liat bak mandi, seketika gue speechless. Baknya zonk tanpa air sama sekali, what the f*ck banget kan. Pengen gue ceburin tuh para pelaku yang ngabisin air bak mandi ke kali belakang kost gue. Mereka kira itu air penuh dari mana? Ibu peri? Gue meneteskan air mata satu per satu dan nangis di bawah shower meratapi nasib, gue...gue...ah sudahlah.

                Beda lagi kalo masalah piring kotor. Gue heran aja gitu ya, kok bisa sih pada numpuk piring, gelas, mangkok dan teman-temannya itu di wastafel sampe pada bulukan. Tau kan akibatnya apa? Ya akibatnya jadi banyak kecoa! Pas gue bilang kaya gitu, mereka dengan santainya ngejawab “lu doang ini yang takut kecoa, gue mah gak” kan anjrit banget. Itu piring mau sampe kapan dicuci coba? Sampe David Guetta duet sama Rhoma Irama? Apa sampe Opick nyanyi lagu religi sama Nicki Minaj? Sampe Monas pindah ke Paris gantiin Menara Pisa yang udah meleyot itu? Hah? Gue murka sambil kayang biar pada peka, tapi yasudahlah...lupakan.
                Nah itu tuh masalah umum satu kost, yang para pelakunya ya satu rumah itu. Ada lagi nih kelakuan temen-temen tidur di kamar. Mereka pada mau makan tapi gak mau repot. Ngerti maksudnya? Iya kan kamar gue ada rice cookernya, tapi tuh ya yang tukang masak nasi, tukang nyuci pancinya, tukang nyuci berasnya ya gue. “Lah kan lu ikut makan Put” ini pasti pertanyaan di benak kalian. Iya emang gue ikut makan, tapi keseringan jadi yang paling akhir mulu. Kalo pacaran sih gapapa jadi yang terakhir, lah ini? Udah nasi-nasi akhir banyakan yang kerasnya dan abis gitu gue yang nyuci pancinya dan gue lagi yang masak. Gue ngerasa jadi Cinderella cyiin. Sekalinya pernah gue diemin, gue gak cuci dan gue gak masak tuh nasi terus gue tinggal ke kampus. Gue kira pas gue balik bakalan nasinya udah mateng gitu ya, eh boro-boro. Pancinya di cuci aja belom. Gue nangis di bawah shower, eh salah, di bawah keran deng soalnya kost gue gak ada showernya. Pas gue cuci dan gue masak, barulah mereka pada makan sambil nyengir-nyengir. Gue ngerasa jadi seorang Ibu yang lagi nyiapin makan buat anaknya mulu. Tapi gak gini juga kali woy! Okeh stop gue kebawa emosi.
                Tapi yaa sekesel-keselnya kita, se jengkel-jengkelnya tetep aja gabisa marah sama sekali ke mereka. Karena ya kita sama-sama jauh dari orang-tua, pas kita lagi sakit ya mereka duluanan yang bakalan nolongin kita. Kalo kita ada masalah sama pacar, ya curhat dadakannya sama mereka sambil nangis-nangis bombay walaupun kadang merekanya cuek bebek banget pas kita abis cerita panjang lebar. Nah yang paling penting ya kalo ada masalah keuangan, sama mereka lah pertolongan pertama datang haha. Mau minjem berapa pun bakalan banyak yang bantuin. Yang tadinya pertama-tama nganggep mereka itu orang lain bukan siapa-siapa, sekarang malah jadi kebalikannya. Mereka tuh udah kaya sodara banget sekarang. Gak ada tuh kata-kata jaim lagi, kalo ada yang punya makanan ya langsung aja ngeluyur masuk kamar langsung nyomot makanan tanpa izin si pemilik dan tanpa rasa bersalah padahal si empunya udah melotot nahan marah dan kita pura-pura cuek sambil bikin percakapan kesana kesini. Pas udah abis makanannya langsung deh pora-pora ada tugaslah, udah ngantuklah dan balik lagi ke kamar tercinta meninggalkan si empunya makanan yang sedang berlinang air mata makanannya habis haha. Emang sih, kebanyakan bikin jengkelnya daripada bikin senengnya, tapi yaa begitulah resiko tinggal satu atap dengan banyak manusia yang beda latar belakang, budaya, kebiasaan dan lainnya. Intinya cerita tentang anak kost itu gak bakalan pernah ada abisnya coy. So? Yuk jadi anak kost hahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar