Kamis, 19 Februari 2015

Balada Kartu ATM



“Puuut aku dapet transferan uang nih dari mantan bossku. Kirim ke nomor rekeningmu aja ya” Mela lari-larian dari ruang tv ke kamar nyamperin gue yang lagi baca novel.
“Hooh yaudah. Banyak emang? Duh makan-makan dong nih” jawab gue santai sambil nyebutin nomor rekening gue.

“Asem, enak aja. Aku mau tabung tau buat liburan nanti ke Dufan”. Ya memang, di kamar gue lagi pada getol-getol banget sama nabung buat ke Dufan pas nanti libur semesteran. Dengan catetan, itu duit yang udah masuk ke celengan jangan dikorek-korek lagi walau dalam kondisi segenting apapun. Jadi inget Mba Liza yang punya celengan gede, dan nabung dengan semangat 45 banget tapi sedikit-sedikit dikorek mulu celengannya “Buat makan, daripada gak makan hayo” selalu begitu jawabannya pas ditanyain kenapa tabungannya diambilin mulu. Tapi herannya, beli rok sama baju sih tetep jalan ya haha kelakuan emang. Dan pada akhirnya itu celengan Cuma jadi hiasan di rak.
“Yakin tuh ditabung di celengan Mel? Tanpa dikorek-korek?” kata gue dengan tatapan menyelidik. Yang ditanya Cuma ngerucutin bibirnya.
Beda cerita lagi dengan Etik,  nih anak sampe rela tiap hari Cuma makan kentang balado bikinan ibunda tercintanya demi menabung sepeser demi sepeser. “Gak bosen apa Tik makan itu mulu tiap hari?” kata gue heran. “Demi dufan Put apapun akan aku lakukan hingga tetes darah penghabisan” katanya bersikap seperti pahlawan kemerdekaan. Etik ini adalah manusia yang paling getol banget nabung buat liburan ke Dufan. Doi nabung dari awal lagi gegara duit tabungannya ludes buat service hp kesayangannya yang jatoh pas lagi selfie di motor dan kelindes mobil, ngenes.
“Mel temenin aku ke Moro yuk, shopping shopping” Etik dateng tiba-tiba masuk ke kamar. Yang diajakin langsung setuju. “Ikut gak Put?” gue Cuma ngegeleng “Gaya banget shopping palingan beli sabun mandi sama sabun colek doangan” kata gue. “Ehiya Mel, uang transferannya mau kamu ambil kapan? Sekarang apa nanti? Kalo sekarang tuh ambil di dompet aku aja kartunya” Mela yang tergiur buat nabung akhirnya ngambil ATM gue dan gue kasih pinnya.
“Kamu mau nitip apa Put?” kata Mela berbaik hati, maklum abis dapet rezeki dadakan dia.
“Coklat satu kilo yak” kata gue yang lagi haus akan coklat.
“Bunuhlah saja hayati bang kalau abang maunya coklat satu kilo”. Gue ngakak mendengar jawaban Mela. “Yaudah jalan sana gih kalian mengganggu aku aja” gue mengusir mereka, akhirnya tuh anak pada pergi.
Gak berapa lama gue dapet BBM dari Mela beserta PINGnya. “Halah nih anak baru pergi udah ngeping-ngeping aja” gue buka BBM dari Mela yang isinya nanyain alamat lengkap gue dan nomor rekening gue dan kata-kata terakhirnya adalah “Apapun yang terjadi kamu jangan marah ya Put”. Deg, ada apa ini? Langsung gue bales BBMnya kasih nomor rekening, alamat sekaligus nanyain ada apa “ATM ku ilang Mel?” tanya gue khawatir. Masalahnya nyokap baru transfer uang  buat biaya bayar kost, gak kebayang kalau ilang dan reaksi nyokap yang bakalan berkoar-koar.
“Bukan ilang Put, tapi kamu jangan marah ya apapun yang terjadi” Mela lagi-lagi gak ngasih jawaban, lah ini yang ada aku marah gara-gara geregetan karna pertanyaan gue gak dijawab sama dia.
“Iya kaga marah, emang ada apaan?”
“ATMmu ketelen mesin Put pas aku mau ambil. Kyaaa maaf Put aku juga gak tau” tuh anak mungkin kalo ada di hadapan gue tampangnya udah histeris, sayang aja ini Cuma dari BBMan.
“HAAH?? Kok bisa???? Sekarang kamu lagi dimana?” tanya gue yang shock. Iyalah, yang gue pikirin Cuma saldonya itu gimana.
“Aku ada di kantor polisi ngurus surat kehilangan, nanti aku ceritain deh”
“Yaudah aku otw sana ya, tunggu disana”. Gue yang lagi Cuma pake baju tidur langsung buru-buru ganti kostum. 10 menit gue udah sampe kantor polisi berkat keahlian gue mengendarai motor kalo lagi panik.
Gue baru parkirin motor ternyata tuh anak udah ngejogrok di parkiran nungguin gue. “Jadi gini Put pas aku mau ambil itu lancar, mesinnya juga bunyi pas lagi proses uangnya. Tapi aku tungguin sampe lama kartu sama uangya malah kaga keluar terus di layarnya ada bacaan “Maaf kartu anda masuk” pokoknya intinya gitulah. Lah aku langsung ke satpam terus langsung disuruh kesini bikin surat kehilangan. Tadi sih udah telfon customer servicenya eh pas ditawarin buat ngeblokir pulsanya abis hehe” Kata Mela ngejelasin panjang lebar. Kalimat terakhir bikin gue seketika migrain, ada-ada aja emang.
“Terus gimana penanganannya?” tanya gue lemes.
“Mesti ada buku tabungannya, buku tabungan kamu di Jakarta ya?”. Gue mengangguk lemah. “Yaudah telfon mama kamu Put minta kirimin kilat buku tabungannya”, seperti anak yang teladan terhadap orang tua gue pun nurutin perintah Mela. Seperti yang udah gue duga, nyokap langsung lemes pas denger cerita gue. Berhubung ini hari Minggu jadi baru bisa besok ngirim buku tabungan. Habis nelfon nyokap di Jakarta, gue langsung telfon pihak bank untuk minta di blokir. Akhirnya urusannya beres.
“Kasian kamu Mel, bukan untung malah buntung” gue ngakak. Gue masih bersyukur ini ATM masih bisa terselamatkan. Dan efeknya adalah, satu minggu gue kuliah dan hanya punyauang lima ribu perak di dompet.
Dua hari setelah itu, gue lupa kalau mata kuliah Ekonomi Makro Mikro mesti beli buku tulis. Gue liat uang di dompet, ah masi tiga ribu empat ratus Insya Allah cukup. Gue pun pergi ke kampus dan mampir ke tukang buku bentaran.
“Mas, beli buku tulis satu ya yang biasa aja”
“Ini Mba” disodorin tuh buku tulis ke gue. Setelah nanya harganya berapa, gue rasanya pengen pingsan disitu juga. Harga bukunya tiga ribu lima ratus dan uang gue kurang. Alhasil...
“Mas, yang paling tipis ada gak? Yang murah aja” sambil gue ngeluarin recehan dari dompet. Kyaaa malu banget disitu gue, pertama karena duitnya recehan dan yang paling utama adalah saat gue minta buku yang lebih murahan. Awas ya kamu Mel, ada harga mahal yang harus kamu bayar atas perbuatanmu, huhuhu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar