Jumat, 10 April 2015

Katsaridaphobia



Katsaridaphobia. Apa sih katsaridaphobia itu? Kalo lu buka google dan mengetik “Katsaridaphobia” di kolom search, maka akan muncul tuh sebuah phobia terhadap...tadaaa binatang berwarna coklat menjijikan yang punya sepasang antena panjang di kepalanya dan punya kaki yang berbulu gitu terus anehnya lagi kalo kita ngejar dia, dia malah balik ngejar kita dengan kecepatan super duper tinggi dan
kadang dia juga melebarkan sayapnya dan langsung terbang hinggap di mana saja dia inginkan. Ya, kecoa! Binatang yang sangat mengerikan bagi gue. Gue mending tidur di ruang tamu daripada harus sekamar dengan kecoa yang ngumpet di balik lemari atau ngumpet di suatu tempat di kamar. Kalo itu kecoa belom ditemuin dan belom dijadiin jenazah, gue gak bakalan mau masuk ke kamar, ya kecuali kalo udah berhari-hari jadi ada kemungkinan itu kecoa udah minggat dari tempat persembunyiannya. Demi apapun gue benci banget sama binatang yang satu ini. Pernah pas bangun tidur ternyata ada kecoa mati di kolong tempat tidur, hari itu juga kolong tempat tidur gue berubah jadi gudang kapur barus. Di sudut-sudut kamar, atas lemari, belakang lemari pokoknya semua tempat yang tersembunyi gue kasih kapur barus biar tuh binatang gak berani lagi masuk kamar gue tanpa izin.
            Gue pernah punya cerita yang mungkin memalukan banget tentang kecoa. Pas gue kelas 12 SMK terus lagi ulangan Akuntansi dan diawasin sama guru killer banget, itu kecoa nyamperin gue “mampus ada kecoa lagi” kata gue dalam hati.
“Far ada kecoa di samping gue” gue laporan ke temen sebangku gue. Dan udah gue pastiin, wajah gue saat itu udah acak-acakan banget karna panik.
“Ya terus gimana Put? Gila lu gak liat siapa pengawas kita?” jawabnya bisik-bisik takut ketauan ngobrol.
“Far tolongin gue kenapa, gue bisa pingsan nih kalo tuh kecoa ada di bangku gue?” sambil ngelirik-ngelirik tuh kecoa yang lagi mondar-mandir di lorong bangku gue. Demi apapun gue pengen nangis liat tuh kecoa.
“Ya gimana matiinnya? Susah lah Put. Udah kerjain dulu tuh Akuntasi lu” kata Farah yang super tega banget ngeliat gue keringet dingin begitu.
Perhatian gue pun balik lagi ke kertas-kertas mumetin di depan gue, yang isinya nominal-nominal rupiah perusahaan seseorang tapi uangnya gak ada. Dan hebatnya, sesulit apapun itu Akuntansi, perhatian gue gak bisa berpaling dari tuh kecoa. Iseng gue ngelirik dimana keberadaan tuh kecoa, dan ternyata tuh doi udah bertengger manis di bangku gue sambil goyang-goyangin antenanya. Kyaaa spontan gue langsung bangun dan naik ke atas meja, bodo amat sama lirikan “Lu cari mati apa Put?” dari temen-temen sekelas. Gue nangis kejer di atas meja.
“Ada apa ribut-ribut?” tanya Bu *sensor*
“Itu Bu ada kecoa, Dyah takut banget sama kecoa” Farah yang ngejawab pertanyaan tuh guru. Mungkin karena itu Guru gak tega ngeliat gue nangis-nangis dan baju gue udah basah karna keringet dingin, itu guru gak berkoar dan langsung bilang “Yaudah yang berani cepet matiin itu kecoanya biar Dyah bisa ngerjain akuntansi lagi”. Gue langsung terharu, tuh kecoa akhirnya dimatiin sama temen gue dan gue bisa bernafas lega lagi. Sambil masih sig-sigan gue dipeluk Farah, “Udah put nangisnya, kerjain lagi tuh Akuntansinya biar cepet kelar. Baju lu juga basah banget tuh keringetan”. Duuuh so sweet amat yak chairmate gue yang satu ini, Farah si cabe rawit yang paling ngertiin banget gue.
Nah itu salah satu dari banyak cerita gue tentang kecoa di sekolahan.  Malu-maluin sih sumpah, tapi ya mau gimana lagi. Kadang gue ngerasa cape aja punya phobia kaya gini, gak kebayang dong nanti kalo gue udah kerja terus ada kecoa diruangan kerja gue dan ngumpet di suatu tempat, terus gue gak kerja sampai tuh kecoa ditemuin. Rugi banget kan?. tapi gue gak tau gimana mesti gimana ngilangin phobia gue ini. Jangankan berinteraksi sama kecoa, baru liat aja gue udah kabur. Pernah juga loh gue dibeliin kecoa mainan sama nyokap, dengan alasan biar gue bisa ilangin phobia gue ini. Tapi tetep aja gue malah tambah jerit-jerit kalo liat ada kecoa mainan ini di kamar. Intinya gue geli,jijik plus takut banget kalo liat ini binatang. Dulu pas gue kecil gue kira phobia ini bakalan ilang dengan sendirinya pas nanti gue udah besar. Tapi anehnya, malah makin kesini gue malah makin gak karuan jerit-jeritnya kalo liat kecoa.
Dan inilah tentang Katsaridaphobia yang gue milikin. Jadi, phobia apa yang kalian miliki? Dan gimana caranya kalian ilangin phobia kalian? Cerita dong di komentar ini atau follow twitter gue @DyahEkaa dan fb gue Dyah Eka Putri. Makasih J

1 komentar:

  1. Sekarang msh takut ga mba? Sama saya juga phobia parah sm.kecoak

    BalasHapus