Jumat, 10 April 2015

Disaat Kepepet



“Apa kita jadi tukang parkir aja?”. Yep! Ceritanya gue dan temen sekamar gue pada mau cari kerja part time gitu. Maklum deh ya, mahasiswa kudu kreatif. Jangan ngandelin uang bulanan dari ortu mulu. Tapi yang jadi masalah adalah...kerja jadi apa? Skill masih pas-pasan banget. Sekalinya nemu kerja part time di resto, tapi kerjanya sampe jam 10 malem sedangkan gue disini masih terikat sama ujian BTA-PPI. Jadi tukang parkir? Kalo gue jadi tukang parkir mungkin dalam kurun waktu kurang dari satu jam udah rugi! Karena gue masih suka bingung ngebedain mana yang kanan dan yang kiri. Plis ini sangat memalukan!
Kenapa pada gencer banget nyari kerjaan? Karena uang bulanan yang selalu kurang L. Udah dewasa gini tapi masih belom bisa manage duit bulanan, huhuhu sedihnya. Dua minggu pertama hidup dengan kaya raya dan foya-foya, tapi dua minggu selanjutnya jadi fakir miskin dan mendadak busung lapar karena makan tiap hari Cuma nasi plus gorengan dan kecap.
                “Ini gak bisa dibiarin! Pokoknya mulai minggu ini kita harus hemat” kata gue provokasi.
                “Woi inget mesti bayar arisan”. Yayaya, padahal lagi masa krisis begini tapi sempet-sempetnya pada ngadain arisan gini. bukan, bukan arisan sosialita para wanita muda eksekutif yang pamer perhiasan swarovski atau pamer tas branded yang harganya ratusan juta. Tapi ini adalah arisan para mahasiswa dodol yang pada mau dapet uang arisannya tapi pada kabur pas dimintain uangnya.
                “Etik, pokoknya minggu ini yang mesti dapet arisan aku ya. Mana sini gelas kocokannya? Namanya aku ganti pake nama aku semua ya?” Mela memelas biar dia dapet arisan minggu ini.
                “Tidak! Kita disini harus menanamkan keadilan!”
                Pupus sudah harapan dapet uang arisan. Yang dilakukan sekarang adalah Cuma bengong-bengong mikirin gimana caranya biar uang kiriman ortu bisa cukup sampe seminggu.
                “Gak ada yang nikahan apa ya?” gue tiba-tiba punya ide. Rencananya adalah, karena hari ini malam minggu jadi pasti banyak dong yang ngadain resepsi pernikahan. Nah cukup dengan modal beli amplop dan uang dua ribu perak, kita bisa pulang dengan keadaan perut yang sangat kenyang. Dan gausah khawatir ketauan, karena pasti menurut pengantin wanitanya adalah “ini pasti mantan-matannya suami gue” dan si pengantin prianya bakalan mikir “ini pasti temennya istri gue”.  Dan sesudah gue menyampaikan ide brilian gue ini, gue langsung ditimpuk pake bantal.
                “Kalian mesti banyak-banyak puasa senin kamis tau biar hemat dan biar kurus juga”.
                “Ini kan baru malem minggu mba, hari seninnya masih lama”.
                “Kebayang gak sih kita tuh disini hidup prihatin banget?” Mela buka suara. Nih anak emang yang paling ngenesin banget, uangnya menipis gara-gara beli baju dan sepatu.
                “Bukan prihatin, tapi fakir miskin” Etik menambahkan. Dan kita pun bengong lagi entah lagi mikirin apa.
                “Kita tuh kaya seorang istri yang dikasih uang bulanan dari suami, terus suaminya pergi lagi dan kita bingung karena baru bisa manage duit pas udah kepepet gini. the power of kepepet” pandangan gue menerawang karna nahan laper. Serius pemandangan ini sangat menyakitkan mata bagi yang ngeliat.
                “Dan nanti kita bilang ke anak-anak kita “Nak, mama waktu ngekost tuh makan prihatin banget. Makan Cuma pake nasi sama mi instan mentah diremukin. Kalo gak ya Cuma pake beli gorengan buat makan nasi” terus kata anak kita “Loh emang mama dikasih duit berapa?” terus kita jawab lagi “Duit bulanan sih tetep berjalan lancar, tapi mama dan temen-temen khilaf belanja sampe lupa kalo butuh makan” dan kita langsung di ketawain anak kita karena punya nyokap yang dodol banget, itu sangat menyakitkan sob” kata gue yang langsung ditimpuk bantal.
                “Gausah lebay gitu ceritanya”
                “Baiklah jalan keluar satu-satunya adalah...” Etik ngunjukin gelas Tupperw***nya yang penuh dan dengan bangga ngelanjutin omongannya lagi “setiap kita ngerasa laper kita minum sebanyak-banyaknya  biar gak berasa laper”. Yang jadi masalah adalah, ini air minum bukan air zam-zam yang bisa nahan laper. Sangklek emang pada. Gue langsung tidur nutup muka, malu punya temen kamar kelakuan pada sakit semua haha.
“gimana kalo kita beli kecap sama garem aja” usul Mela. “Buat apaan Bu?”
“Kita makan nasinya pake garem sama kecap aja, gimana?” Mela ngelanjutin. Gue langsung kejang-kejang dengernya. Gak bisa dibayangin pas nanti gue pulang kerumah tubuh gue udah jadi kaya orang busung lapar terus tampangnya pada oon gitu. Frustasi gimana caranya bertahan hidup di akhir bulan sedangkan pahlawan udah zonk semua dari tempat masing-masing? Dan gue ber-empat Cuma bisa memandang kosong ke depan.

2 komentar: