Jumat, 10 April 2015

Beda Suku Beda Bahasa



Jawa vs Sunda? Yap jadi ceritanya gini...
Sepupu gue si Lala tuh sama kaya gue, anak Jakarta yang merantau ke luar kota. But, not city as Jakarta or Purwokerto, the place where now i life. Sukabumi, yap! Itu sih bukannya kota ya tapi desa karena dia tinggal di atas gunung gitu, ceritanya jadi anak gunung gitu deh dia. So, dia gak kaya gue yang sering pulang kerumah tercinta, tapi paling Cuma liburan doang dia bisa pulang. Jadi dia sering envy gitu deh pas tau gue pulang mulu haha.

Nah pas kemaren gue pulang 4 hari, tuh anak rada keki gitu tau gue pulang lagi wkwk. Terus pas malem senin, gue lagi mau packing karena besok pagi mesti cus Purwokerto lagi, terus pintu rumah gue kebuka tuh. Kata nyokap gue gini “Jangan dibukain pintu palingan mama ayah” gue Cuma cekikikan soalnya pintunya diketok-ketok mulu. Fyi, mama ayah itu nyokapnya Lala. Udah lama diketok-ketok gak ada tanggepan, pintunya akhirnya dibuka sendiri sama mama ayah.
“Kan bener aje mama ayah yang dateng, udah ketauan dah kalo die yang dateng mah” kata nyokap gue dengan logat Betawi yang kentel banget.
“Ah gimane sih nih, ada tamu jauh kaga di bukain pintu” kata mama ayah dan tiba-tiba aja ada yang nongol dari belakang punggung mama ayah. Bukan, bukan tuyul atau Mba Kunti, tapi Lala! Lala? Yap Lala sang anak gunung itu pulang secara tiba-tiba tanpa ada yang ngundang dan yang nganter.
“Hah Lala? Kapan dateng neng? Emang lagi libur?” Nyokap gue kaget, semua orang rumah juga pada kaget. Sang Objek Cuma nyengir-nyengir kaga jelas mamerin giginya yang dipagerin.
“Ta lu jemput Lala? Pake apaan? Perasaan tadi siang gue masih liat lu naek motor” nyokap membombardir mama ayah dengan pertanyaan-pertanyaan.
“Pake kereta, tanya aje sama anaknye” mama ayah gak mao ngaku. Nyokap terus nanya-nanya pake bahasa betawi.
“Fira ampe selasa doang tapi, itu juga sebenernye gak diizinin ame pihak pondok tapi gue bilang aje tantenye lagi mau operasi. Kan bener kan Dede lagi sakit?”
“terus kok bisa pulang juga?”
“Iye gue bilang aje itu tantenya yang ngurusin Fira waktu kecil. Terus kata pihak pondoknya begini “Loh gak ada Fira kan juga operasinya tetep jalan” terus yaa gue kasih-kasih alesan ajedah”
Dan ngobrol ngalor ngidul nanya-nanya kabar.
“Bayangin aje Put, masa pulang 2 hari eh dalemannya kaga dibawa sama sekali sama nih anak. Tau tuh disini mau pake daleman siapa, daleman enyak kali” kata mama ayah yang geregetan banget karena Lala gak bawa mini***.
“Iya abisan ada di ember semuanya aku males nyuci” kata Lala dengan polos. Gue kejengkang, padahal doi Cuma nyuci daleman doang soalnya baju-bajunya semua di cuciin sama mbok pondoknya. Lah gue? Semuanya dilakuin sendirian-__-. Lala mah mondok serasa dirumah begitu.
“ya gak papa sih asal jangan di pakein sabun” kata mama gue nimpalin.
“Yah aku ngerendemnya udah dipakein sabun mama aneh (sebutan buat nyokap gue) dari kemaren. Terus nyampur juga sama  kaos kaki”. Gubrak! Gue mimisan dengernya. Bisa dibayangin gak sih itu dalemannya mungkin udah buluk banget.
“Dih Lala jorok banget sih??? Bulukan deh tuh dalemannya” gue histeris ngebayanginnya.
“Iya emang ka, orang mini*** aku aja udah pada bintik-bintik item banyak banget” grrhhhhh gue geregetan banget. Cuma cuci daleman aja males banget, ini gak fair!.
 “Ehiya  mama ambilin Syirah ya? Mau gak?” kata nyokap. Gak pake basa-basi lagi gue sama lala langsung ngangguk kegirangan dan langsung ngambil kerudungan buat foto selfie. Ohiya disini ada ka Meli juga yang ikut ngeramehin rumah.
Gak lama, mama gue dateng sambil ngegendong Syirah yang lucunya bikin gemes banget-bangetan.
“Sssttt jangan berisik ya. Ini mama ngambil diem-diem dirumah papa sani. Kalo mamanya tau gak bakalan boleh malem-malem Syirah maen disini”. Dan seketika Syirah jadi bahan rebutan gue, lala dan ka Meli. Voila! Gue dapet kesempatan pertama gendong Syirah dengan alesan “Besok kan ka puput udah pulang jadi gak bisa ketemu lagi, kalo kamu kan masih ada besok disini”. Syirah Cuma bengong ngeliat gue dan lala ganti-gantian dengan tampang innocent-nya. Gue yang lompat-lompatan mirip hantu candy jump dan lala yang joget-joget kaya Nyi Ronggeng. Ka Meli ikut-ikutan rebutan Syirah soalnya dia gak pernah ketemu Syirah juga. Karena rame banget pada ngerebutin Syirah, tuh anak udah nyebeng-nyebeng dan nunjuk-nunjuk ke belakang minta pulang. Terus pas dicium-cium malah nangis kejer nih anak, nyokap gue panik. Takut ketauan emaknya anaknya diculik kerumah malem-malem. Pas malah tambah kejer nangisnya Syirah, yang laen pada ikutan panik juga  gimana caranya biar diem terus dipulangin kerumah neneknya tanpa ketauan emaknya. Soalnya mulangin ke rumah neneknya harus ngelewatin rumahnya. Setelah semua jurus dipake biar nih anak diem, langsung dipulangin sama nyokap.
                 Lala cerita panjang lebar tentang dia disana, terus bahasa Sundanya mulai dikeluarin. Nih anak ternyata mau ngunjukin kalo dia udah bisa bahasa Sunda. Gue gak mao kalah, gue bales pake bahasa Jawa tapi minta bantuan dulu dari temen gue di sana.
“Lah abdi mah teu nyaho basa maneh. Abdi mah urang Sunda, apengan abdi berlebihan” kata Lala nyoba pake bahasa Sunda. Gue bingung nih anak ngomong apaan begini-__- *btw yang tau artinya kasih tau gue ya. Gue gak mau kalah, gue bales pake bahasa Jawa
“nyong ora ngerti ko ngomong apa. Ko sih uwis papung?” Lala bengong. Skakmat sekarang dia yang bingung gue ngomong apaan. Padahal itu sebelomnya gue minta kasih tau dulu dari temen sekamar gue haha. Maklum deh masih nol banget ini bahasa Jawanya.
“abdi teu ngerti lah basa maneh, jeung kalimah maneh” kata Lala gak jelas maksudnya apaan. Random abis ngomong bahasa yang dua-duanya sama-sama kaga ngerti.
“Lah piwe koh? Nyong ora be ngerti ko ngomong apaan” gue juga udah mulai kaga jelas apaan yang diomongin wkwk
“ko saiki wis dadi wong sunda mbok?” kata gue sotoy banget wkwk.
“Ka puput aku bukan embok-embok tau! Emang aku pembokat kaka!!” Lala tiba-tiba marah gak jelas. Gue mikir keras maksud nih anak apaan. Pas sadar gue langsung ngakak. Ternyata maksud nih anak “mbok” itu yaa embok-embok pembantu rumah tangga wkwk. 1-0! Mang enak kalah kan orang Sunda ngomong sama orang Jawa haha. Gue merasa bangga gue bisa bahasa Jawa yang orang-orang rumah gak tau. Gue ngerasa lagi di depan podium Panasonic Gobel Awards sambil megang piala dan berucap “Makasih ya Allah sekarang gue udah bisa bahasa Jawa. Makasih buat temen-temen di Jawa yang udah ngajarin gue bahasa Jawa”. Okeh ini terlalu berlebihan imajinasinya. Intinya gue seneng banget.
Tapi gue langsung mikir, gue gak boleh terus-terusan ngomong Jawa gini. kenapa? Karena gue gak mau bahasa tanah lahir gue Betawi jadi tergusur. Gue mesti bisa ngejaga tradisi khas kampung gue Jakarta, karena gimanapun gue makan, minum, lahir semuanya berasal dari tanah Jakarta. Itung-itung gue bisa bahasa Jawa itu sebagai kursus gratis buat memperkaya bahasa suku di Indonesia. Pokoknya gue tetep cinta Betawi! Cinta kue cubitnya, kue pepe, roti buaya, kerak telor dan kue t*t*. Hidup Jakarta! Ayo masyarakat Betawi asli jangan mau kalian kalah saing sama para pendatang. Ini kampung kita, ini tanah kita! Kita harus bisa jadi tuan rumah disini bukan malah jadi tamu disini! Salam anak-cucu pitung ;) *ceritanya jadi provokator demo* *maklum mahasiswa*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar