Rabu, 08 Agustus 2018

Pengalaman Operasi Usus Buntu (Part Akhir)

Finally,

Yap, akhirnya hari senin tanggal 30 Juli 2018 gue operasi usus buntu. Setelah ditunda 2 jam karena ada pasien lain yang lebih urgent, tibalah gue di kamar operasi. Menakutkan? yap, sangat bagi gue. Ruangan dingin yang dipenuhi alat-alat dokter dan ditengah ruangan ada tempat tidur kecil dengan lampu yang besar diatasnya. Hiks gue saat itu cuma bisa banyak doa (jujur gue sampe gemeteran mulutnya) yang akhirnya dokter di ruang itu ngomong ke gue,
"Kamu belom diapa-apain kok udah tegang banget sih? santai aja gak sakit kok. Mulutnya sampe gemeteran begitu. Baru tumben ya?" kata si Dokter sambil ngedorong tempat tidur gue masuk ke dalam ruang operasi.
"Iya dok, saya belum pernah masuk RS terus sekalinya masuk RS double gini ngerasain ruang operasian" gue ngomong sambil gemeteran asli.
"Diah ya? tunggu sebentar ya pas banget adzan maghrib, saya mau solat dulu" dokter Andi nyamperin gue (tadinya gue gak ngenalin karna dokter Andi pake masker dan gue gapake kacamata, sampe dibecandain sama dokter Andi pas gue gak ngenalin beliau wkwk, memalukan).
Gue pun ngangguk terharu karena dokter Andi masih nyempetin untuk urusan akhirat dikala mau operasi gue. Gue pun juga akhirnya tayamum ditempat tidur untuk shalat maghrib sambil bener-bener pasrahin diri banget sama Allah huhu. Setelah selesai dokter anestesinya nyamperin gue (dan masih pake mukena, masha Allah banget kan?) bilang kalau jangan tegang. Parah banget kali ya muka gue tegangnya, sampe-sampe pada nyamperin begitu wkwk.
"Tangannya rentangin ya" kata si mas mas dokter ganteng sambilan buka lengan baju operasi gue *gausah jorok ye pikirannya wkwk* karena lengan kanan gue dipasangin alat tensi dan tangan kiri gue dipasang infus sama jepitan jemuran detak jantung.
"Okedeh Diah udah siap buat anestesi? Duduk ya, posisi kaki lurusin tangannya taruh di paha. Badannya bungkuk ya" kata si Ibu Dokter sambil pakai baju operasi dan lagi disiapin semua keperluannya. Ini nih saat-saat yang paling gue takutin ya Allah hiks. Gue dirangkul gitu (mungkin biar gak kabur) sama mas mas dokter muda *uhuk pas lagi suntik bius. Demi apapun rasanya pas jarum anestesi lu nancep di punggung, rasanya SAKIT BANGET WOI!! HUAAA MAMAAA KELUARKAN AKU DARI SINIIIIII.......
"Mba, jangan ditegangin ya badannya rileks aja. nanti kalau ditegangin rasanya bakalan lebih sakit lagi" kata si ibu dokter anestesi dan mas-mas dokter ganteng yang ngerangkul gue. Bodoamat gue udah kaga mikirin dah si dokter ganteng ini, yang gue pikirin adalah gimana caranya biar gak berasa sakit banget (karna percayalah walaupun badan lu udah dilemesin tetep aja woi sakitnya kebangetan :( ).
entah 2 atau 3 kali ditusuk-cabut tuh jarum ke punggung gue, akhirnya kelar juga. Alhamdulilllah sakit hatinya telah berakhir.
"Coba kamu angkat kaki kamu" kata si Ibu dokter anestesi. Gue angkat, gak bisa! rasanya kaya ada semen berton-ton yang nindihin kaki lu.
"Oke udah selesai ya. tiduran lagi tangannya direntangin ya" kata si ibu dokter anestesi sambil nyuntikin obat-obatan ke infusan gue. Setelah itu diatas dada gue dipasang semacam tiang terus ditutup deh sama hordeng atau apalah namanya :'D. Dan akhirnya gue gak tau apa-apa karna sadar gak sadar keadaan gue saat itu, mata gue melek nanti tidur lagi nanti melek lagi begitu aja udah. Gue gak tau perut gue lagi di belek sama dokter Andi :').
Dan ini penampakan usus gue :0

                                                       ****
Gak tau selang berapa lama gue gak ngitungin jam *yakali -___- operasinya udahan. Hordeng depan muka gue diingsirin *bahasa apa pula wkwk* dan gue dipindahin ke tempat tidur rawat *maaf ya mas mas dokter ganteng kalau badanku berat huhuhu. Gue denger nyokap gue dipanggil buat nemenin gue di ruang sadar. Setelah udah diizinin buat balik ke ruang rawat, gue di dorong lagi dalam keadaan lemes parah *efek belom makan wkwk*. Keluarga besar gue semua ternyata nungguin gue operasi diluar, terharu :").
Pas banget gue sampe kamar rawat itu jam 8 malem, gue masih gak ngerasain apa-apa. Tante, om, sepupu, orang tua gue semua becandain gue dan gue dengan polosnya ikut ketawa sampe om gue ngomong,
"sekarang mah masi bisa ketawa ya? nanti loh kalo obatnya udah abis baru tau rasa". deg! gue diem. emang rasanya bakalan begimana? hmmm...
Ini foto masih fresh banget pasca gue OP dan masih bisa ketawa-tawa

Sekitar jam 9 semua keluarga gue izin pulang, cuma tinggal kesisa ortu gue dan ade gue. Disitu dikit, dikit gue mulai mengerti maksud dari om gue. Perut gue mulai berasa cekit-cekit walaupun masih dikit-dikit. Pala gue kliyengan luar biasa, dan akhirnya gue muntah banyak banget. Dan itu berlangsung sampe hari selasa siang, kebayang gak sih lu berapa jam itu lu muntah-muntah puyeng dan perut sakit banget huhuhuhu (pas paginya gue minta minum karena udah aus banget, dan suster udah ngizinin dengan syarat dikit-dikit aja. Tapi yang gue minum aer putih cuma sesendok dan yang keluar banyak banget :")). Penyiksaan itu masih berlanjut sampe gue makan pagi dan makan siang. Gue udah lemes banget coy gabisa masuk apa-apa huhu walaupun lama-lama ilang rasa enek & puyengnya (ternyata ini efek obat biusnya). Alhamdulillah hari Rabunya gue boleh pulang, horeee ku kangen rumah huhuhu. Gue dapet surat cuti dari dokter seminggu, Alhamdulillah bisa istirahat dulu dirumah.
Sehari, dua hari, gue dirumah masih muntah-muntah dan puyeng banget kalo bangun. gue kira masih dalam efek obat bius. Ternyata eh ternyata gue kena magh *yelaah -__- , hmmmm double amat ini penyiksaan.
                                                  ****
Blog ini gue tulis kurleb 10 hari gue pasca operasi usus buntu. Masih sakit? yaa gitudeh gue masih takut untuk nunduk kelamaan atau jongkok kelamaan atau kalao tidur kelamaan miring. Karena perut lu berat banget sumpah cenat cenut :'). Enek dan puyengnya? pas gue kontrol ke dokter Andi sekalian buka perban, gue minta obat magh jadi udah lumayan membaik lambung gue :').
Intinya sih ya, jaga deh pola makan dan kebiasaan buruk sebelum timbul penyakit. Karena sehat itu mahal banget. Apalagi sampe sakit yang mesti ada embel-embel operasi, jangan sampai deh serius *Ciee diseriusin*.
Terima Kasih banyak untuk dokter bedahkuuu yang setia nemenin gue dari awal sakit sampe akhirnya sebab-akibat sakit perut gue dibuang, dokter Andi Khoirurrofiq Sp.B yang teliti banget dan ngasih penjelasan dari awal sampe akhir. Sehat terus ya Pak barakah hidupnya semoga Allah selalu melancarkan segala urusan dokter Aamiin ☺. Maaf loh pak kalau pas di ruang operasi saya gak ngenalin dokter, maaf pakk :'D.
Dari senin pagi udah siap pake baju OP :')

penampakan perut gue pas di perban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar