Selasa, 07 Agustus 2018

Pengalaman Operasi Usus Buntu (Part 2)

Kelanjutannya...

Yap akhirnya sesuai dengan saran Dokter Andi, gue melipirlah ke Bagian Kebidanan untuk USG kandungan. Gue duduk berjejer diantara bumil-bumil yang diantar oleh suami tercinta. Gue? gue duduk sendirian dengan kondisi belom hamil dan belom punya suami, tapi ada pasangan terbaikku kok yang selalu nemenin, Mama ❤. Waktu itu nama dokternya dokter Hendy siapaaa gitu *teteup di RS MPH ya. Gue deg-degan banget pas di USG sumveh wkwk, antara takut ada suatu penyakit di kandungan gue atau apalah intinya gue bener-bener deg-degan.
"Hmmm kamu udah waktunya mens belum?" kata dokternya sambil tetep muter-muterin alat USG diperut gue.
"sekitar 10 harian lagi sih dok jadwalnya, tapi gak ada apa-apa kan ya?" kata gue masih deg-degan karna yang gue liat di layar cuma ada warna putih dan item gak jelas *gak ngerti maksudnya :D*.
"Ada kok ini, ada rahimnya masih utuh di perut kamu" kata dokter Hendy bercanda dan akhirnya nyokap gue bales juga becandaannya. Intinya dokter Hendy ini super duper ramah banget.
Selang beberapa hari dari dokter Hendy, gue balik lagi ke dokter Andi. Pas diliat hasil USGnya sama dokter Andi,
"Normal dalam batas wajar kok kamu ini kandungannya. Kalo gitu kita pakai cara terakhir ya, kamu mesti Ronsen Appendicografy *kalau gak salah ya namanya*. Nanti hasilnya bawa lagi kesini biar saya evaluasi ya"
Akhirnya gue balik lagi ke bagian Radiologi untuk daftar Appendicografy. Saat itu jam 8 malem gue dikasih bubuk Barium sama bagian Radiologi (ini rasanya sumpah enek banget hiks, gak sesuai realita gue kira susu) satu plastik kecil gitu,
"Ini bubuknya dicampur di air putih satu gelas ya, air hangat juga gakapapa terus boleh dikasih sirup atau gula dikit kalau kamu enek. Abis dicampur langsung minum semuanya jangan sampai didiemin karna bakalan ngegumpal" kata di perawat. gue bayangin rasanya udah enek duluan huhuhu.
"Terus mesti puasa gak ya?" tanya gue.
"Boleh kok makan sama minum, tapi jangan sampe kamu BAB ya soalnya nanti obatnya bakalan kebawa dan mesti minum dari ulang lagi. Besok jam 8 kamu kesini ya untuk di ronsen". Gue manggut-manggut tanpa tau kalo paginya gue mesti kesiksa mules nahan boker huhuhu.
* btw, gue lupa foto bubuk bariumnya hehe. Jadi modelnya kaya semacam terigu gitu lah *
                                                              ***
Paginya gue ngejalanin ronsen deh tuh, disuruh tiduran di meja kaca *sumpah gue takut pecah pas gue naekin wkwk* mana ruangannya dingin banget pula. Disuruh miring ke kanan, tengkurep terus tiduran biasa. Sekitar 10 menitan kelar deh proses poto potoan perut gue dan hasilnya baru bisa diambil malemnya. Hmmm baiklah...
                                                           ***
Beberapa hari kemudian tepatnya malam sabtu 27 Juli 2018 gue ambil hasil ronsenan sekalian balik ke dokter Andi, pas diliat hasil ronsenannya di komputer (Karena hasil ronsenannya dalam bentuk CD),
"Hmm kesannya  Non Filling Appendix seperti gambaran pada Appendicitis. Kamu beneran kena usus buntu ini. Gini saya jelasin ya" kata dokter Andi yang lagi-lagi ngasih kuliah singkat kedokteran ke gue dan nyokap.
Nah itu usus buntu gue gak keliatan
Ini kesan Appendicografy gue

"Cairan putih yang kamu minum itu dia ninggalin bekas di sekitar usus dari awal nih sampai akhir (sambil ditunjukin gambar bagan usus yang ada di tembok), tuh liat gambarnya di ronsenan kan ususnya pada putih semua. Tapi cairan ini gak ninggalin bekas di usus buntu kamu yang artinya usus buntu kamu ada yang nyumbat. Makanya di hasil ronsenan itu usus buntu kamu gak keliatan kan. Jadi kamu saya jadwalin operasi aja ya hari senin malam. Kalau kamu udah gak kuat karna sakit, hari Sabtu atau minggunya boleh kok dateng aja ke IGD walaupun rada susah sih ya saya nyiapin team bedah dan anestesinya" kata si dokter panjang lebar sambil bikin surat rujukan rawat inap.
"Ssebelum nanti ibu setuju anaknya saya operasi, saya mau minta maaf terlebih dahulu ya. Saya disini cuma manusia biasa yang bisa aja bikin kesalahan pas nanti di ruang operasi karna yang saya liat posisi usus buntu anak ibu rada ngumpet susah dideteksi" kata si dokter ke nyokap gue. Deg! gue deg-degan setengah mati wkwk muka gue pucet banget pokonya pas dibilang begitu. huhuhu ku takut dok :(.
"Iya dok, yang penting kita udah usaha semaksimal mungkin. Selebihnya biar Allah yang nentuin" kata nyokap sok Bijak wkwk *maap mamaaa jangan timpuk aku*
"Yaudah ya bu berarti kita sama-sama setuju agar Diah dioperasi Senin malam. Senin pagi ibu kesini ya untuk pendaftaran, nanti jam 10 pagi biar langsung puasa. Operasinya sekitar jam 4 sore kalau tidak ada halangan apapun" dokter Andi nyatet jadwal operasi gue. Setelah berterima-kasih sama si dokter, gue sama nyokap langsung pulang dengan perasaan gue yang udah bener-bener takut. Sampe nyokap gue bilang,
"Gak sakit kok, baca doa aja biar lancar operasi kamu"
huhuhu gue takut paraah ngebayangin perut gue dibuka-buka :"(

                                                       *** to be continued ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar