Rabu, 05 September 2018

Pengalaman Infeksi Lambung dan Usus (Gejala)

Assalamualaikum ...
*tumben Put lagi bener wkwk*
Gausah basa basi lah ya, kali ini gue mao cerita pengalaman sakit yang paling nikmat banget :'). Iya, 2 minggu gue pasca operasi atau seminggu setelah gue masa pemulihan pasca operasi usus buntu, gue kena infeksi lambung dan usus (Gastroenteritis). Hiks, nikmat banget kan hidup gue :').
Gejala awalnya apa Put? Kok bisa sih? Terus lu sembuhnya gimana? Terus lu kapan married?
Oke, oke gue jawab satu satu ya. Itu pertanyaan yang terakhir tolong bisa dikondisikan? hmmm...


Gejala gue bisa kena Gastroenteritis ini adalah ... Pertama, gue demam tinggi banget. Gue pulang kerja waktu itu hari selasa 14 Agustus 2018 dan badan gue udah mulai demam, tapi masih tahap yang biasa-biasa aja. Sampe puncak-puncaknya adalah pas tengah malem, nyokap gue panik karna badan gue panas luar biasa tapi gue serasa lagi di kutub karna dingin banget. Mau dibawa ke dokter atau RS gue kekeuh subuh aja ke dokternya jangan tengah malem buta gitu kasian orang-orang lagi pada tidur. Akhirnya pas subuh rada siangan dikit gue dibawa ke klnik 24 jam, saat itu panas gue udah rada turun dikit karna udah minum Paracetamol dirumah. And then you know what happen? masih di klinik itu juga gue *sorrry* muntah seeeeeebanyak-banyaknya. sampe rasanya gue masih mau muntah tapi udah gatau lagi apa yang mau dikeluarin hiks hiks. Pulanglah gue dengan kondisi badan udah lemes banget serasa gapunya tenaga sama sekali. Dirumah, baru banget sampe udah muntah-muntah lagi dan gue mules! Pas gue pup ternyata yang keluar air semua :'( huaaaa kenapa diarenya baru keluar sekarang?? Abis itu gue menggigil luar biasa sampe sekujur badan gue goyang semua dan gigi gue pun ikut gemeteran saking dinginnya, kepala udah ngebet banget dan gue cuma bisa tiduran doang dikasur. Nyokap panik kan otomatis sampe nangis karena liat gue bener-bener udah pucet banget dan percaya enggak percaya, gue ngerasa dan berpikir kalo gue saat itu mungkin lagi dicabut nyawanya :"( . Gue bukan hiperbola loh tapi emang baru kali itu gue kedinginan yang gak normal banget. Sampe akhirnya di beberapa titik badan gue dikompres pake aer panas (aer panasnya dimasukin dalem kantong plastik putih karna kompres pake handuk udah gak mempan) dan akhirnya gue tidur pules banget. Jadi selain demam, gue pun muntah-muntah.

Kedua adalah GUE DIARE GAK BERENTI-BERENTI! malemnya gue balik lagi ke klinik soalnya dalam sehari itu gue diare udah lebih dari 10 kali -__-. Di klinik sebelum periksa pun gue "nyetor" dulu dan pas lagi periksa gue dah mules lagi. kacau parah pokoknya. Terus mampet Put? gue jawab "Enggak sama sekali!" diare gue dalam sehari bisa lebih dari 12 kali dan akhirnya pas tanggal 20 Agustusnya gue ke RS MPH buat liat jaitan operasian gue, kali aja ada infeksi di dalemnya. Pas di check sama dokter Andi, ternyata jaitannya bagus gak ada masalah dengan jaitan usus buntu gue, dan akhirnya gue di rujuk ke poli internist kebesokannya, 21 Agustus 2018 (Dan ini gue tetep kerja loh dalam keadaan diare wkwk, strong banget kan). Pas hari selasanya gue lagi kerja, di telpon sama nyokap buat nyusul ke RS karna nomor antrian gue dikit lagi dipanggil. Kira-kira jam 9an gue kesana, ketemu dokter Rachmat. Pas ditanya udah pup berapa kali hari ini? gue bilang "dari tengah malem sampe pagi ini dok udah lebih dari 8 kali dan dirumah udah seminggu diare begini". Dokternya kaget dan langsung nyuruh gue di opname saat itu juga. Lah gue gak kalah kaget dong, gilak apa ya gue baru 3 minggu keluar dari RS buat operasi usus buntu, masa mau dirawat lagi? Lagianan tanggal 22 Agustusnya Idul Adha, masa gue lebaran di RS? Gue kekeuh banget pokonya ogah diopname, gue mau lebaran di rumah dan gue mau minta rawat jalan aja. Dokter Rachmat ngejelasin deh tuh penyakit gue sampe akhirnya dokter Rachmat ngomong "Oke gapapa kalau kamu gamau di Opname, tapi saya enggak mau tanggung jawab kalau kamu bakalan lebih parah dari ini. Kamu sekarang minum aja langsung mules, kalau didiemin itu kamu tanpa makan dan minum apapun bakalan diare keluar aja gabisa di stop. Karena lambung dan usus kamu udah gabisa nerima makanan apapun. Otot dubur kamu pun udah gabisa berfungsi karena udah kelamaan. Ini aja kamu udah telat banget dibawa kesininya, udah seminggu kamu diare. Zat-zat kalium dan lainnya di tubuh kamu itu ikut keluar juga dan malahan bikin bahaya nanti kalau sampe kekurangan zat yang dibutuhin sama tubuh" yang akhirnya bikin gue diem tanpa kata dan dengan terpaksa gue mau juga diopname.

NB : Ohiya, jadi level diare gue ini udah parah banget. Gue makan baru 3 sendok itu langsung mules dan keluar lebih banyak dari apa yang masuk. Cuma makan 3 sendok bisa 3-4 kali gue bolak balik kamar mandi. Makan biskuit sebiji keluarnya bisa 3 kali sampe akhirnya gue cuma minum doang pun langsung mules dan pup :(

                                                ** to be Continued **

Tidak ada komentar:

Posting Komentar