Senin, 06 Agustus 2018

Pengalaman Operasi Usus Buntu (Part 1)

Kali ini postingan gue adalah suatu pengalaman yang gak akan pernah gue lupain *Perasaan semuanya pengalaman yang gak bisa dilupain deh-__-* ada kok yang mesti dilupain, MANTAN! IYA MANTAN MESTI DILUPAIN *halah apasih ini. Pengalaman pertama dan moga-moga terakhir dihidup gue DIOPERASI!! yap gue barubanget seminggu ini abis operasi usus buntu (Appendictomi) *sotoy bahasanya wkwk*. gimana ceritanya? yuukk read more...
jadi tanggal 10 Juli 2018, gue sakit perut banget di kanan bawah. Tapi gue pikir "Aaahh paling juga karena mau PMS, besok juga ilang atau magh gue lagi kambuh lagi" akhirnya gue kerja seperti biasa (gue awal sakit perut begini di bulan April atau Mei entah gue lupa akhirnya dibawa ke klinik 24 jam, dan diagnosisnya adalah magh gue yang udah parah.. Dan sejak itu sakit perut gue masih terus kerasa walaupun sakitnya muncul-ilang muncul-ilang kaya gebetan). Pas hari rabunya tanggal 11 Juli 2018, gue akhirnya memutuskan pergi ke puskesmas karena tumbenan banget sakit perutnya masih berasa malahan sampe ke pinggang sakitnya. Sakitnya tuh serasa mau PMS tapi ini lebih sakit lagi. Perut rasanya begah banget mau makan rasanya udah kenyang duluanan :( *dan ini yang bikin BB gue turun 5 kilo lebih* karena abis makan tuh sakitnya malah lebih kerasa :( dan akhirnya gue males makan. Singkat cerita akhirnya dokter puskesmasnya ngasih surat rujukan ke RS karena khawatir kena usus buntu. Saat itu gue cuma mikir "Ah masa sih kena usus buntu? ini paling sakit mau PMS doang" gue balik kerja lagi dengan harapan besok rasa sakitnya udah ilang.
Pas pagi gue bangun tidur, kok malah nambah sakit ya? Tumbenan amat sakitnya luar biasa banget apalagi kalo kaki kanan ditekuk, terus mau *maaf* pup aja sakit :(. akhirnya gue mutusin untuk izin kerja karena mau ke RS. RS yang gue percayain disini adalah RS Medika Permata Hijau. Gue daftar deh tuh ke poli bedah karena rujukan dari puskemas disuruh ke Poli Bedah. Dan dokter Poli Bedah pada hari itu di RS Medika Permata Hijau adalah dr.Djoko .... *gue lupa nama panjangnya wkwk*. Disitu gue rada deg-degan juga sambil nunggu panggilan *eh serasa cewe panggilan ya Allah -_-*. tibalah waktunya...
"Siang dok"
"Siang, kenapa nih? usus buntu?" kata dokternya sambil lihat surat rujukannya.
"Takutnya sih dok soalnya saya sakit hati perut terus dikanan"kata gue sambil nunjukin letak sakitnya. Terus gue disuruh tiduran dikasur untuk pemeriksaan fisik, diteken-teken perut kanan gue, terus pindah kiri, terus rada ke tengah bawah (letak kandungan) ditanyain sakitnya yang sebelah mana. Terus kaki gue juga ditekuk gitu.
"Kamu cek urin lengkap, darah sama USG abdomen dulu ya, nanti baru balik ke saya" kata dokternya nulis-nulis catetan di rekam medis gue. Gue  iyain sambil ngasih tau juga niat hati mau pindah ke dokter yang malem aja.
"Ini dok soalnya saya gaenak juga izin terus nanti kerjanya" kata gue ngasih alasan, dan emang itu alasan yang sebenarnya. Dokternya setuju aja.
Abis itu lanjut deh gue ke Lab buat periksa urin dan darah terus daftar ke bagian Radiologi untuk USG (dan ternyata adanya malem), sambil nunggu hasil Lab, gue disuruh puasa 8 jam karena malamnya mau USG. Satu jam kemudian hasil Lab gue keluar dan dengan ke sotoy-an gue, gue liat hasilnya,
"Hmmm negatif semua ini hasilnya ma" kata gue ngunjukin ke nyokap yang ikut nemenin.
"Yaudah kita pulang dulu aja sambil nunggu ntar malem USG" , akhirnya gue dan nyokap pulang kerumah.
                                                        ****
Malemnya gue baru dateng terus langsung dipanggil untuk USG (the best banget lah pelayanan di RS MPH (Medika Permata Hijau)ini).
"Ginjal kamu normal kok ini, livernya aja yang rada membesar dikit. Empedunya semua normal. Tapi ini usus buntu kamu gak keliatan soalnya ketutupan gas, sakit ya tapi kalo saya tekan?" kata dokter USGnya sambil ngelus-ngelus tangan perut gue pake alat USG *maap dok pasiennya jomblo baperan wkwk*.
Terus perut kanan gue diteken lagi untuk mastiin bagian mana yang sakit. *Hiks hati dan perasaan ini yang sakit dok :"( *
"Kemungkinan sih kamu usus buntu kronis ini, cuma serahin lagi aja ke dokter bedahnya ya nanti kelanjutannya. Tapi menurut saya sih usus buntu kronis" katanya sambil liat-liat isi perut gue.
"Iya dok makasih ya"  kata gue nambah deg-degan denger usus buntu kronis. Hiks sakit apasih ini gue sebenernya?
                                                 *****
Seminggu kemudian gue balik lagi ke dokter bedah yang baru, namanya dr.Andi ..... *lagi-lagi lupa nama panjangnya wkwk*. Gue dateng jam setengah 7 tapi si dokter dateng jam setengah 9 karena ada operasi dulu :(.
"Malam dok, saya pasiennya dokter Djoko tapi pindah karena blabla bla" kata gue ngejelasin dan sambil ngasih hasil Lab dan USG Abdomen dan si dokter ngeliat-liat hasilnya.
"Gini, sakit di perut kanan bawah itu penyebabnya bisa 3 hal. Pertama karena adanya infeksi saluran ginjal ke kemih, kedua karena ada sesuatu di kandungan, dan ketiga karena usus buntu. Karena mereka bertiga ini emang letaknya berdekatan dan adanya di bagian perut kanan bawah semua. Saya belum bisa  pastiin kamu kena usus buntu" dokter Andi ngejelasin gue dan nyokap gue sambil ngunjukin gambar organ perut yang ada di tembok. Gue dan nyokap cuma bisa manggut-manggut denger kuliah singkat kedokteran ini.
"Nah, untuk kasus kamu ini kita udah cek urin ternyata normal gak ada infeksi, jadi kita singkirin kemungkinan adanya infeksi ya. Terus hasil USG juga normal semuanya. tapi yang jadi masalah usus buntu kamu ngumpet gini gak keliatan ketutupan. Kita coba USG ke kandungan dulu ya untuk nyingkirin kemungkinan ada "sesuatu" di dalam kandungan kamu" kata si dokter ngejelasin sambil nulis surat rujukan ke bagian kandungan.
"Nanti abis USG kandungan kita lihat lagi hasilnya. Kalau emang kamu normal, berarti kamu usus buntu. Tapi sebelumnya kita mesti ronsen dulu biar lebih jelas" kata dokter Andi ngejelasin dengan detail banget. Ah dokter favorite banget lah ini.

                         ** to be continued **

1 komentar: