Sabtu, 14 November 2015

Tipe Teman Saat Presentasi

Okeh setelah sekian lama aku menunggu  untuk kedatanganmu *salah fokus**Bang Haji Efek*. Setelah melewati masa-masa paling nyebelin bin bikin pusing di bangku kuliah yaitu presentasi dan UTS, akhirnya dakuw bisa bernafas lega lagi *eh kemaren sesak nafas ya bu?. Dan selama masa-masa presentasi itu, dakuw  berubah menjadi peneliti dadakan mengenai macam-macam tipe teman kelas saat presentasi. Apa aja tipe-tipenya?  Yuk disimak hasil pengamatan gue :D.

1.       Yang Ngejatuhin
Iyap saling menjatuhkan –dari kursi—wkwk bukan bukan, bukan saling ngejatuhin teman dari kursi atau nendang temen biar kesumpet ke depan, tapi saling menjatuhkan pas sedang diskusi ataupun saat sesi Tanya jawab  di dalam presentasi. Ini tuh tipe teman yang paling minta digaplok sama kedebong pisang. Misalnya pas sesi Tanya jawab makalah yang kita buat, terus ada teman kelas kita yang mengajukan pertanyaan. Standar sih pertanyaannya, Misalnya nanya gini
“Menurut anda, dari kasus PHP itu yang lebih banyak cowok yang PHP atau ceweknya yang terlalu baper?”
Tapi jangan tertipu,  itu adalah permulaan  karena doi bakalan nyecer kita dengan serentetan  petasan eh pertanyaan yang bikin kita migrain dadakan dan rasanya pengen nyumpelin mulut doi sama baygon sebotol . temen kaya gini tuh Cuma bisa didoain aja supaya cepet-cepet dijemput sama malaikat pencabut nyawa biar hidup para pemakalah bisa damai dan tentram. Karena  doi bakalan diem alias berenti nanya kalo liat kita udah menguburkan diri di dalem tanah sambil mengibarkan bendera putih,atau baru berenti nanya pas kiamat, ini bener-bener temen yang kampret. dan tipe teman ini juga yang sering disebut-sebut caper ke dosen. Jadi, bagi kalian kalian yang merasa pas dengan tipe ini, siap-siap aja bakalan dihujani jutaan mata sinis dari teman-teman kelas.

2.       Yang penting nanya
Nah yang ini tuh temen yang  punya tujuan untuk ngejar nilai. Kenapa? Karena biasanya kan dosen bakalan ngasih nilai tambahan untuk mahasiswanya yang aktif nanya. Nah mahasiswa yang kaya gini biasanya kalo dikasih opsi untuk nanya bakalan langsung nanya, padahal pertanyaannya sangat sangat standar alias udah ada di slide terpampang dengan sangat jelas, tanpa harus nanya juga doi juga udah tau jawabannya. Pertanyaannya juga simple sih kaya “Apa perbedaan jomblo dan single?”. Tapi setidaknya mahasiswa macam ini masih ada usaha daripada Cuma diem aja :D dan yang terpenting adalah gak ngerepotin teman si pemakalah ya kan?


3.       Pertanyaan gak penting
Nah nah pasti kalian pernah nih nemuin temen yang kaya gini. Beda tipis sama tipe no.2 Cuma bedanya adalah kalau yang di no.2 pertanyaannya yang ada di slide lalu ditanya balik, kalau yang ini adalah pertanyaan aneh bin ajaib yang gak penting banget buat ditanya. Intinya sih sama aja, doi pengen dapet nilai tambahan tapi bingung mesti nanya apa dan akhirnya keluarlah pertanyaan maha dahsyat yang bikin alis naik sebelah. Hanya anak jenius yang punya pertanyaan ini :D. contohnya adalah pertanyaan gak penting “Kenapa sih angka 1 itu Cuma lurus kebawah aja?”
Eh ini susah ya….

4.       No respon
Ini jenis temen yang adem ayem aja hidupnya. Ada makalah tentang perang dunia keempat atau apapun juga doi bakalan diem aja duduk manis ditempatnya sambil maen hp bahkan ada yang tidur. Boro-boro mau nanya, coba deh Tanya tema makalah yang lagi di presentasiin di depan kelas itu tentang apa juga doi gak bakalan tau. Rada keki sih sebenernya sama temen yang kaya gini, karena kita yang di depan serasa gak diperhatiin gitu *eh kurang perhatian ya bu? Udah cape-cape perjuangan bikin baper paper, pas di presentasiin di depan kelas ternyata temen kelas kita pada cuek bebek. Hidih minta dicipok satu-satu pake gergaji mesin. Tapi keuntungannya adalah, meminimalisir bagi penanya yang artinya kita gausah puyeng mikirin jawaban hehe. yah setidaknya ada gunanyanya juga teman jenis tipe ini :D

5.       Yang udah nyiapin dari awal
Ini tuh bisa dibilang simbiosis mutualisme alias saling nyaman lalu sayang menguntungkan karena si penanya dapet nilai dan kita udah tau jawabannya tanpa pusing-pusing mikirin jawaban. Biasanya nih sebelum maju kedepan, udah nego dulu pertanyaan dan jawabannya apa. Yaa emang sih gak fair tapi daripada pusing-pusing kan nyari jawaban? Emang hidup ini Cuma buat nyari jawaban itu pertanyaan doang apa hah? *emosi.

Okedeh sekian dulu tipe-tipe teman kelas saat presentasi dari hasil pengamatan gue. Kalo mungkin ada yang tertinggal, dakuw tunggu di comment box ya makasih :D.

2 komentar:

  1. dyah, warna sama font hurufnya dikondisikan, hehe peace... isinya udah bagus banget... ^^ (shinta-MPS C)

    BalasHapus
  2. haha terima kasih sarannya, terlalu childish ya warna dama fontnya? hihi

    BalasHapus