Jumat, 16 Oktober 2015

Malu bertanya cape di jalan



                Holiday again yeyeye. Ceritanya selasa ini lagi libur, terus semua pada kabur ke pantai WP Cilacap huhu ditinggal deh eike *nangis sesenggukan. Akhirnya para penghuni kamar gue punya planning sendiri, emang situ doang yang bisa pergi heh? *sirik sama tetangga kamar. So? Kita pada ke curug cipendok yeyeye. Tadinya sih Cuma mau ke rumah Etik yang rumahnya di daerah Cilongok, tapi berhubung udah sekalian jalan, yaudah deh langsung bablas sampe curug. Gue selalu menjadi penumpang di motor mereka yang matic, gak nyadar diri padahal si tukang ojek udah keberatan bawa massa badan gue. Loh salah sendiri kan kenapa gak bisa naik motor bebek hayoo,
coba kalo misalnya bisa kan pasti pake motor gue. Gue mah di belakang enak tinggal leyeh-leyeh menikmati pemandangan, gak peka sama Etik yang bawa motor dan dibelakangnya ada makhluk yang semok ini hihi. Perjalanan ke curug Cipendok sendiri sangat super duper rusak, alias kalo yang baru kredit motor sebulan bakalan langsung nyesel. Bujug itu jalanan apa sungai? Batunya gede-gede banget, kalo kecil-kecil kan mayan bisa sekalian cari batu akik.
“Hayo etik kamu pasti bisa” gue memberikan semangat.
“Hadoh Put ini gas udah pol banget kok masih gak bisa naik ya?” etik ngomong sambil tetep ngegas motor yang susah banget buat naik. Gue speechless, ini nyindir atau gimana ya?. Beda cerita lagi  kalau sama Mela, nih anak sebagai tour guide tapi selalu aja ngepot motornya nyangkut di batu-batu, membuat diriku harus naik turun bantuin dorong. Hadeuh cape deeyh. Perjalanan yang sangat melelahkan *lap keringet.
“Gak kebayang Put kalo kamu sama aku, aku sendiri aja ini motor udah nyangkut mulu” Mela berbicara dengan tampang gak berdosanya, yang gue bales dengan mendengus, kampret.
Acara membakar lemak a.k.a jalanan berbatu ini berakhir di pintu masuk curug, keringat yang udah keluar sepanjang perjalanan hasil dari motor ngepot mulu dibayar lunas dengan pemandangan yang bener-bener masih murni banget bebas polisi eh polusi. Subhanallah keren bangeettt...gak bisa diungkapin dengan kata-kata pokoknya. We are ready yeaay! Menuruni satu demi satu anak tangga, satu, dua, tiga, lima, sepuluh, hoaaah korban berjatuhan. Fisik anak rumahan yang sok-sokan mau trip, rasanya udah bener-bener lemes banget kaki.
“Hayoo hayoo semangat” kata gue menyemangati diri sendiri. Untung masih terbantu dengan kebiasaan gue jogging pagi, kalo gak jogging? Mamaa pulangkan dakuw.
“Pemanasan buat ke Sikunir Put” Mela nambah nyemangatin, padahal nih anak yang lebih dulu teler daripada gue. Fyi, gue emang lagi pada rencana mau ke dieng mau liat golden sunrise dari puncak sikunir, keren kan? hoho iya dong.
“Gak usah sok nyemangatin Mel kalo ntar pas di kamar pasti pake balsem”. Dasar nenek-nenek emang, baru ke curug telu kemaren aja pake balsemnya satu botol.
Makin ke bawah tangganya semakin licin ditumbuhi sama lumut-lumut dan makin jelas banget suara air terjunnya. Dakuw sudah tak tahan ingin ceburin kaki ke air kobangan terjun. Dan tada berkubik-kubik air jatuh dari ketinggian beberapa puluh meter, menciptakan hujan lokal disekitarnya. Kacamata gue pun tak luput ditutupi air hujan hasil air terjun *eh ini gimana maksudnya. Hp Etik yang kameranya paling bagus megapixelnya harus menjadi korban kena cipratan air terjun demi membidik pada bidadari-bidadari syar’i yang memakai pashmina bukannya selendang hihihi. Nekat menyebrang batu-batu licin demi view paling bagus padahal mengancam keselamatan jiwa, dasar dodol. Sampai akhirnya tas gue pun ikut berenang jatoh gitu aja dari tangan huhuhu basah deh padahal ada handphone butut kesayangan di dalamnya. Puas jepret sana-sini akhirnya pada pulang karena kabut udah mulai turun, menciptakan suasana mistis. Ditambah dengan suara binatang yang mirip jangkrik itu, mirip banget setting film yang dibintangi Julia Estelle sampai ke 4 itu a.k.a Kuntilanak hiiiiy ngibrit deh tuh bertiga menaiki tangga yang berlumut, padahal jatoh ke kiri dikit aja langsung deh jatuh ke semak-semak, dan baru berenti lari pas udah sampai di atas di tempat warung-warung. Bukan kok, kita bukan mau jajan, kan trip yang paling sederhana tanpa mengeluarkan uang untuk jajan. Maklum deh tanggal tua. Dan pas pulang untuk menghindari jalanan yang rusak itu lagi, nekat nyari jalanan lain padahal hari udah mulai sore dan udah mau ujan. Lewat hutan-hutan dan kuburan, mau balik lagi tapi udah terlanjur setengah jalan. Padahal bulu kuduk udah berdiri, serem boo ngeri ada begal walaupun mungkin begalnya yang bakalan rugi, dompetnya Cuma ada kartu perpus dan KTM doang hihihi. Sekitar setengah jam akhirnya ketemu juga sama jalan raya, dan kita langsung belok kanan.
“Put perasaan tadi kita gak lewat jalanan sini ya” kata Etik heran soalnya jalanannya Cuma ada sawah-sawah doang.
“Kayaknya sih engga, tapi kata Mela tadi belok kanan kok”. Gue nyoba nanya ke Mela tapi ternyata tuh anak ternyata gak tau juga. Gubrak! Tour Guide macam apa kau Mel?? Gue pengen ceburin ke sawah aja nih anak.
“Put kayaknya kita makin jauh deh. Kayanya kesasar juga” Mela ngomong minta digampar sama gedebong pisang. Jadi kita balik lagi?? Aaah mamaaaa dakuw ada dimana ini??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar