Jumat, 16 Oktober 2015

Tipe-Tipe Anak Kost



“ini kenapa ada disini? Harusnya tuh ditaro di lemari!”
“ooh jadi begitu ya? Sabar yaaa”
“huaaaa aku kudu piye ini sama tugas  hiks hiks”
Okeh buat kalian yang  jauh dari orang tua dan tinggal di kost pasti banget nemuin perkataan-perkataan seperti ini. Tiap hari bahkan tiap jam bakalan kalian denger yang kaya gini. Dari yang suka banget sama bersih-bersih, sampe yang demen banget ngumpulin sampah di kamar. Dan post gue kali ini akan membahas macam-macam makhluk yang kalian temuin apabila kalian ngekost, dari yang rese sampe yang bener-bener soulmate banget sama kita, check this out:

1.       Perfeksionis
Nah jenis manusia bertipe seperti ini nih yang kadang bikin gondok banget alias biking mangkel kaya mangga muda. Apa-apa mesti sempurna banget gak boleh ada yang kurang sama sekali. Dari mulai penampilan, kebersihan apapun pokoknya semuanya dinilai dari kesempurnaan. Padahal kalian tau, manusia itu kan gak ada yang sempurna ya? Mungkin manusia seperti ini dilahirkan bukan dari bumi melainkan dari langit ketujuh yang kesasar di muka bumi. Dan kemungkinan lagi, doi masih keturunan dewa fortuna yang dikutuk untuk menjadi manusia biasa layaknya cerita malin kutang eh kundang. Biasanya kejadiannya seperti ini:

“gimana penampilan ku hari ini?” Tanya Sukinem kepada Marsinah.
“top. Udah keren banget hari ini” Marsinah memberikan kelima jempolnya untuk penampilan Sukinem hari ini. Iya lima, karena semua jari Marsinah gembul-gembul.
“tunggu, tunggu. Ini kok kerah bajunya bentuknya gini ya? Gak sesuai gini. Bentar aku mau ganti dulu” dan Sukinem pun menyetrika bajunya memakai truk pembuat aspal agar kerah bajunya terbentuk dengan sempurna. Marsinah yang menunggu selama 20 tahun pun langsung kejang-kejang.


2.       Penyabar
Nah manusia yang gini nih yang bikin kita heran banget. Kok bisa ya ada orang yang sabaaar banget. Mau di bully, dibohongin, diselingkuhin tapi doi tetep sabar banget. Kalo kita kompor-komporin biar doi marah malah jawab “gapapa, hukum karma berlaku kok. Legowo saja apapun masalahnya”. Bener-bener dibikin bingung sama orang yang kaya gini. Lah kita yang ngeliat gak ikut merasakan aja kadang keki malah kita yang jadi emosi, ini yang ngerasain langsung malah Cuma ngelus-ngelus dada sambil istighfar. Bener-bener aneh makhluk semacam ini. Kadang terlintas dipikiran kita, dia ini sabar apa bego? Hanya tuhan yang tau.

3.       Pemalas dan Jorok
Ini sih disegala tempat bakalan ada makhluk semacam ini. Coba deh intip kamarnya, mungkin sisa makanan 10 tahun yang lalu masih ada dikamarnya buat persediaan makan kalau doi malas keluar untuk beli makan. Tipe kaya gini biasanya anaknya cuek banget. Bangun kesiangan pas jam masuk kuliah tinggal semenit lagi, gak pakai cuci muka atau gosok gigi, doi langsung ngibrit pergi kuliah. Palingan Cuma ganti celana dan pakai jaket, kostum tidurnya masih dipake setia menemani kemana aja. Disuruh bersih-bersih palingan Cuma matiin satu semut doang dikamarnya, abis gitu mah bodo amat deh yang penting doi nyaman dengan kamarnya. Tipe kaya gini yang bikin ibu kost mendadak serangan jantung akibat ulahnya. Dan bikin makhluk-makhluk lain suka tinggal dikamarnya karena kamarnya terlalu kotor, hiiiiiyy!


4.       Tidak Peka
Yang tipe kaya gini nih yang paling susah banget buat diajak kompromi. Kita lagi punya masalah dan curhat panjang lebar, pas minta solusi malah Cuma dijawab “gitu ya? Yaudah sabar semua masalah bakalan ada jalan keluarnya”. Rasanya kalo nerima kata-kata begini tuh pengen banget masukin tuh orang ke dalam kardus terus paketin ke Zimbabwe. Anak kecil ingusan juga tau kalo semua masalh ada jalan keluarnya, tapi ya apa jalan keluarnya? Itu kan tujuan kita mau curhat karena biar dapet saran, lah ini? Sama sekali tak membantu banget. Mending simpen diem-diem deh masalahnya lebih hemat tenaga dan waktu.

5.       Pelit
Nah nah, yang satu ini mesti banget dimusnahin dari peradaban. Kalo buat anak kost sendiri biasanya kasusnya adalah saat diminta untuk iuran kost. Entah untuk nengokin temen yang sakit atau untuk keperluan anak kost sendiri. Tapi yang ngebingungin adalah, mereka selalu ada alasan saat dimintain uangnya.
“Yah nyokap gue belum ngirimin uang nih, gue aja belum makan. Lagian kayaknya kemarin kalian masih ada utang deh 200 perak ke gue”
“kok banyak banget sih iurannya? Uangnya Cuma cukup untuk bayar kost doang nih”
“hah ada diskonan? Yuk yuk kita shopping”
Ini orang mungkin gak berperi-ke-royal-an kali ya. Gak jarang loh pas dimintain iuran palingan yang dikasih tuh uang seribuan yang udah lecek banget kaya baju habis digulung-gulung. Tapi giliran untuk beli sesuatu untuk dirinya sendiri, bener-bener royal minta ampun. Punya makanan kerupuk aja ditaro di lemari dan digembok segala. Kalau makanan yang enak, makannya seuprit-uprit biar gak cepet habis. Spesies jenis ini emang bener-bener minta banget dikirim ke planet mars, biar dia temenan aja tuh sama para alien.

6.       Royal
Nah kalau yang ini adalah primadona dari para manusia yang ada di kost. Gimana gak mau jadi primadona coba, kalau habis setiap mudik bawa makanan selalu banyak banget. Mungkin dia punya toko dirumahnya. Yang lebih bikin takjubnya adalah, makanan itu ditaro gitu aja di ruang tamu, seakan-akan gak butuh makanan. Giliran ditanya itu punya siapa, selalu dijawab
“mau? Makan aja itu abisin juga gapapa kok” yang langsung mengundang mulut-mulut kelaperan para anak kost. Kalau ada iuran apa-apa, pasti doi jadi donator nomor satu. Pokoknya top banget deh. Mungkin bokapnya punya percetakan uang dirumah, karena nih anak bener-bener baik banget kalau masalah uang. Tak heran, manusia jenis ini selalu jadi korban kelakuan para anak kost. Sering banget kena tipu, bilangnya untuk iuran si A karena sakit tapi gak taunya malah untuk beli chiki sebagai teman gossip di malam hari. Halah dodol! Dasar pengeretan, kasian woi anak orang!


7.       Rajin
Kebalikan dari makhluk tipe pemalas, makhluk tipe rajin ini justru jadi anak kesayangan ibu kost. Gimana mau gak disayang coba kalau tiap pagi sebelum ayam berkokok, doi udah bersih-bersih kost jadi bling bling semua *eh ini anak kost apa pembokat? Itu rumah kost, yang notabene kebersihannya jadi tanggung jawab penjaga kost. Bagaimana dengan keadaan kamarnya? Jangan ditanya lagi deh. Saking beningnya tuh kamar, ada kutu dilantai juga keliatan loh. Tipe ini gak beda jauh sama tipe perfeksionis. So? Mereka klop banget kalo buat dijadiin tetangga.


8.       Cerewet
Paling efektif untuk dijadikan alarm. Kalian bikin aja suatu kesalahan, selang waktu sebentar juga tipe ini bakalan cuap-cuap. Orang yang seperti ini tuh biasanya jiwa keibuan banget, apa-apa dicerewetin pasti. So? Buat para orang tua yang masih merasa khawatir akan keadaan anaknya yang akan dilepas menjadi anak kost, lebih baik cari kost yang ada makhluk tipe seperti ini. Dijamin, anak anda akan selamat sampai wisuda!


9.       Pemarah
Loh apa bedanya sama cerewet? Bedalah! Kalau cerewet lebih kearah yang positif untuk kebaikan bersama. Kalo pemarah? Ini yang bikin kuping panas tiap hari. Ada kesalahan dikiiiiit aja langsung deh murka, kaya gunung yang lagi meletus dan ngeluarin segala macam isinya. Dan kalian rasanya bakalan kepengen banget hilang dari peradaban untuk sementara waktu kalau kalian pulang dari kampus dengan berbagai tugas dan masalah, tiba-tiba aja pas baru sampe kost udah ada yang marah-marah gini. Oh tuhan bawalah pergi dakuw untuk sementara waktu.

1     Sombong
Untuk yang ini… ah sudahlah kalian pasti sudah tau ceritanya kaya gimana. Gue gak tau mesti harus nulis apa dibagian ini.

Okeh segitu dulu tipe-tipe anak kost yang gue bahas. Intinya sih semua memang dituntut untuk hidup berdampingan dengan segala macam perbedaan. Karena dengan perbedaan itulah kita bisa menciptakan cerita yang indah di hari tua kelak. So? Kalian masuk tipe yang mana sih? Kalau masih ada tipe anak kost yang kurang, share di comment box ya :D. terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar