Selasa, 02 Juni 2015

Tantangan Mematikan



                Tantangan! Yap ceritanya gue, Annisa dan Nurul lagi di masjid kampus dan ngomongin tentang acara TV yang ngasih tantangan gitu terus dikasih uang, tau kan? dan gue dikasih tantangan sama Nisa dan Nurul yang bener-bener menghancurkan harga diri gue *duileeh. Gak tau kenapa sih jadi kepikiran gitu aja tentang tantangan. Ya kan mahasiswa kudu kereaktif kreatif  yak, jadi mesti menciptakan yang belum pernah orang lain temukan *menyombongkan diri. Kalo lu yang udah merasakan namanya bangku kuliah, lo bakalan bener-bener banget merasakan apa yang namanya pendidikan! IP? plis deh gak sampe 2 aja itu udah syukur
Alhamdulillah banget yang penting gak jongkok deh tuh nilai. Jangan disamakan yang namanya kuliah dan ngekost dengan yang namanya sekolah dan tinggal di rumah. Kalo di kost nih ya, baru megang buku aja langsung diteriakin anak-anak sekost “Duileeh rajin amat mbakayu pake belajar segala, sinilah kita ngerumpi sambil makan gorengan” dan disitulah yang namanya kekuatan iman bakalan di uji banget. Mau belajar tapi perut udah demo minta makan malem, mau makan gorengan sambil ngerumpi tapi kudu piye iki kuis buat jam 7 pagi. Kalo yang udah namanya ngerumpi begitu tuh bakalan sampe lewat tengah malem sambil cekakak-cekikik niruin suara yang ada di pohon sebelah. Entah segala macem omongan diomongin deh dari mulai yang berbau pelajaran kampus terus nyerempet ke horror dan lebih menyerempet lagi ke berbau yang dewasa. Huaaaa mama maafkan anakmu ini. Dan efeknya adalah kalo gak kesiangan yaa pas kuis mata udah ngalahin panda deh. Beda banget kalo di rumah yang jam belajar semua diawasin sama orang tua, ngayab dikit aja langsung diocehin sama mama yang super duper nuntut anaknya buat belajar. Okeh balik lagi deh ngomongin tantangan. Gini detailnya....
“Put lu mao gue kasih tantangan kaga?” kata Nisa sambil makan cimol. Gue tertarik dan langsung ngangguk. Rada heran ya anak kuliahan kok makannya cimol. Ini adalah saat keuangan udah defisit sob, kalo keuangan udah normal lagi mah gak kenal tuh sama yang namanya cimol, beeeh sombongnya kata tukang cimol kalo baca tulisan gue ini.
“Lu coba ke depan perpus Unsoed pas lagi jam makan siang, terus lu kesitu gelar tiker abis gitu makan pake semur jengkol” Nisa ngasih tau tantangannya sambil cekikikan yang langsung di pelototin sama orang-orang di masjid. Nisa juga ikut melotot gara-gara keselek cimol sama tusukannya sekaligus.
“Gila! Lu mao ngasih gue duit berape?”sambil ngebayangin diri gue yang makan lesehan pake semur jengkol di depan perpus Unsoed yang notabene depan gedung pusat juga.
“Jangan gitu doang nis, si Putri kesana mesti naek sepeda terus rambutnya dikuncir dua abis itu pake kebaya sama sarung yang Cuma selutut doang” nurul nambah ngomporin dan gue bertiga ngakak kenceng banget sampe ditegor gara-gara berisik banget di masjid.
“iyeh terus makannya sambil  ngangkat kaki gitu kaya di warteg abis itu tiap ada yang lewat gue tawarin “Makan siang kakak”” gue memperagakan apa yang ada dipikiran gue, ngangkat kaki sambil megang piring abis itu sambil ngomong begitu dan nyengir-nyengir yang sukses bikin Nisa dan Nurul ngakak gak karuan. Emang dasar muka badak banget walaupun udah disuruh diem tapi malah tambah berisik banget di masjid yang langsung diusir disuruh keluar. Akhirnya gue bertiga keluar sambil masih cekikikan dan ditatap dengan mata-mata penunggu masjid yang udah siap buat nerkam. Dasar cewe dodol emang, kuliah di PTN Islam tapi giliran di masjid malah ngerumpi gak karuan. Sampai di bawah itu tantangan masih berlanjut ternyata
“Terus lu harus bawa pete yang banyak terus pake topi yang petani-petani gitu”
“Terus gue bawa teko gitu ya buat minum?” gue nanya dengan muka polos.
“Lah kata siapa? Lu minumnya taro di plastik bening terus diiket” Nisa berimajinasi terlalu tinggi banget emang pengen gue tampol ngasih tantangan gak maen-maen.
“Itu bukan tantangan namanya, malu-maluin gue wey di depan anak-anak Unsoed” gue manyun. Nih anak gak nanggung-nanggung emang kalo ngasih tantangan.
“Ya siapa tau Put lu dapet jodoh disana. Nanti ada yang tertarik dengan kepribadian lu yang menarik itu” Nissa nyogok gue dengan umpan cowo-cowo kece anak situ. Gue berbinar-binar dengernya langsung deh tergiur sampe ngeces ilernya, tinggal Ferry dengan tampang melas ngomong “Dah aku mah apa atuh Cuma kriuk hasil sisaan gorengan”. Huaaa maafkan dakuw pangeranku *cium tangan sama calon suami.
“Iya kan lu suka teater Put, siapa tau nanti lu disangka anak teater situ terus lu jadi terkenal deh” Nurul menawarkan masa depan, mirip MLM.
“Kalo realitanya ternyata kebalikannya gimana?” gue memikirkan dampaknya buat masa depan gue.
“Yaaa itu derita lu sih Put kalo ternyata beneran kaya gitu” kampret!
“Okeh gue mau, tapi nanti pas kita udah lulus dan hari terakhir sebelom gue kembali ke Jakarta, gimana?” gue nego, dasar emang jiwa ibu-ibu, tantangan aja pake nego segala. Dikata lagi belanja daster kali ya di Pasar Wage.
“Serius? Deal ya? fix gue pegang omongan lu Put” kata Nisa dan Nurul yang dengan bangganya berhasil memalukan harga diri gue. Mampus!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar