Jumat, 13 Februari 2015

Tragedi Belaian Kecoak



Apa lo punya ketakutan terhadap sesuatu? Apa reaksi lo saat ketemu sama yang lo takutin? Jerit-jerit kaya orang kesurupan sambil kayang? Apa bakalan kabur kenceng dari Jakarta sampe Surabaya terus ketemu kereta malam dan lo teriak-teriak ke semua orang sambil bilang “kenapa gue harus dipertemukan dengan itu? Kenapa harus dipertemukan kalau akhirannya bakalan sakit sendiri. Kenapa? Kenapaa???” pertanyaan lo selalu sama kaya gini sampe Rhoma Irama duet sama Nicki Minaj. atau lo mungkin berharap kalo saat itu mending lo mati aja daripada harus berhadapan dengan sesuatu yang lo takutin. Masing-masing orang mempunyai cirinya masing-masing dalam menghadapi phobianya itu. Yaa seperti yang gue alami kemarin malam, jadi ceritanya kaya gini...


Malam itu tanpa ada firasat buruk apapun, gue tertidur lelap tepat pukul 23.00. temen kamar gue yang namanya Mela masih anteng dengan gadget-nya sambil tiduran di samping gue. Gue heran ini anak satu masih turunannya Kampret kali ya, malem dia begadang tapi pas mulai pagi ajadah mulai deh nyari sarang buat tidur seharian. Entah kenapa setelah tidur sekitar dua jam atau lebih tepatnya pukul 01.00 Waktu Setan Mulai Bergentayangan gue terbangun gitu aja. Gue cek hp  dan gue online bentaran, maklum quota mahasiswa jadinya Cuma bisa tengah malem. Nah disini ini kejadiannya dimulai. Pas gue lagi BBMan sambil Twitteran, kok gue nyium bau-bau aneh gitu ya. Bukan, bukan bau kemenyan apalagi bau badan. Tapi bau-bau gak jelas gitu deh dan makin lama baunya makin makin menusuk hidung gue sampe keluar darah satu liter. Gue risih dengan baunya dan gue balik badan sambil tetap megang hp. Pas gue balik badan ternyata...Kyaaaa....sebuah kecoak yang super duper gedenya minta ampun tepat ada di depan mata gue. Sebenarnya sih ukurannya normal, tapi karena gue takut jadi gue menganggap kalo makhluk ini adalah monster yang paling menakutkan. Kecoak! Binatang warna coklat gak jelas yang punya kumis atau antena gataulah ya namanya apa yang panjang banget terus kakinya berduri-duri menjijikan. Sumpah ini gue nulis sambil merinding ngebayangin jasad kecoak, hiiiiy. Refleks gue teriak dan langsung bangun, padahal yang lain lagi pada tidur.
                “Mba matiin kecoaknya mbaa” gue pucet sambil nunjuk-nunjuk tuh kecoa yang bertengger manis di kasur gue. Mela, satu-satunya penghuni kamar gue yang masih sadar, Cuma bisa panik sambil cari-cari alat buat tuh matiin kecoak. gue  geregetan dari luar, dikamar kan banyak buku atau kamus atau botol apa kek gitu buat matiin, tapi ini dia malah bingung sendiri sambil mondar mandir nyari sesuatu buat ngegebuk kecoak. Gue frustasi, rasanya gue pengen pingsan punya temen kaya Mela.
                “Meeeell itukan ada buku banyak di rak aku, geprak aja pake buku” teriak gue dari luar kamar. Kalo bukan karena kecoa, gue pengen geprak juga si Mela. “Ohiya ya” jawabnya enteng dan gue langsung mimisan habis denger jawaban Mela. Nah yang lebih geregetannya adalah, nih anak bukunya malah dilempar ke arah kecoa, bukan di geprak langsung. Dikira kecoanya cacat kali ya gak ada kakinya terus gabisa kabur kemana tau, yang ada buku gue rusak dan kecoanya kabur ke arah kolong lemari. Gue tambah frustasi, mimisan gue keluar dari telinga dan gue kejang-kejang ngadepin kecoak ditambah kelakuan Mela.
                “Yah put kecoanya masuk kolong lemari” katanya dengan wajah polos yang sumpah pengen gue jitak ini anak. Gue langsung ke dapur kost dan nyari sesuatu yang panjang dan bisa buat nyodok-nyodok kolong lemari, akhirnya gue ketemu alat penyelamat gue. Ya, sapu. Gue bawa itu sapu dan gue kasih ke Mela biar dia sodok-sodok itu kolong lemari. Kali aja dapet harta karun. Gue menunggu dengan cemas di luar kamar. Gue mending numpang di kamar sebelah daripada tidur dikamar sendiri tapi ditemenin sama kecoak. Setelah Mela bersusah payah nyodok-nyodok kolong lemari, itu kecoa akhirnya keluar juga dan ngumpet di balik pintu. Itu juga gue yang liat, bukannya Mela-___-.  “Mel, mel itu kecoanya ada di balik pintu. Mending kamu sodok dari dalem Mel biar keluar” kata gue menginstruksikan dari jauh. Sinyal di kepala gue udah nunjukin siaga 3. Setelah digeprak sana-sini pake sapu, tuh kecoa bukannya mati di kamar tapi malah keluar dan ngejar gue. Gue rada heran sama binatang satu ini, kenapa kalo kita kejar malah doi yang ngejar balik?. Gue yang gak siap sama kemunculan kecoak –yang larinya super kenceng—langsung panik dan naek ke atas meja. Bodo amat dah kalo nih meja patah. Bak spiderman gue ngelompatin meja satu-satu gara-gara tuh kecoa ngincer gue, bedanya kalo spiderman ngejar musuh, kalo gue dikejar kecoa. Gak elite banget. Gue teriak-teriak heboh tengah malem sambil lari-lari diatas meja, bener-bener kelakuan. Akhirnya sebuah hidayah masuk ke hatinya Mela. Doi langsung lompat dan ”Geprak bak buk bak buk” tuh kecoa akhirnya medrek rata sama tanah digencet mela pake sapu. Gue bernafas lega, pertama karena kecoanya mati dan kedua karena Mela akhirnya sadar kalo gue sangat butuh bantuan dia. Gue terharu, gue keluar airmata. Rasanya gue pengen peluk Mela “cup cup cup” terimakasih Mela kau telah menyelamatkan nyawaku dan terimakasih juga untuk kecoa, kau membuat aku lari-lari berkeringat di malam hari.

                Dan kebesokannya gue langsung bertranformasi menjadi wanita strong yang memasang jaring-jaring nyamuk disemua jendela kamar biar tuh makhluk gak ganggu tidur gue lagi. Pas gue lagi mantek-mantek paku, Umi lewat sambil bawa kasurnya yang abis dijemur diatas mobil Mba Eka.
"Setdah cewe strong banget dah lu mi" kata gue sambil ngatur napes senen-kamis.
"Hooh nih suaminya lagi di luar kota. Lah lu sendiri udah rapi acara getok getoknya?"
"udah dong, sama nih suami gue juga lagi diluar kota jadinya harus ngerjain beginian sendiri" kata gue sama-sama sangklek.
"Howalah yowis semangat put. Suami kita kan lagi nyari nafkah. Asal jangan selingkuh aja ya di kota sana". gue cuma nyengir denger omongan Umi.
"Gampang mi, kalo ketauan selingkuh nih gue bawa ulekan. tinggal pilih apanya yang mau digetok" gue memperagakan menjadi seorang istri galak sambil bawa ulekan.
"Gila lu put. Udahlah cape gue ngomong ama lu. Semangat ya biar bobonya gak di grepe-grepe kecoa lagi" Umi nyindir gue yang langsung ngibrit ke kamarnya.
"Sue. Gak level gue  di grepe-grepe kecoak. Aaaaahh Umi gue geli ngebayanginnya...."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar